My Blog List

Wednesday, November 23, 2011

tips menghilangkan bau mulut

Mulut merupakan bagian yang rawan terhadap bau. Orang sering mengeluh tentang bau mulutnya. Sebetulnya bau mulut dapat kita hindari dengan cara sederhana. Bau mulut dapat mengakibatkan kita tidak percaya diri saat berbicara. Bau mulut biasanya disebabkan oleh menumpuknya sisa makanan pada sela-sela gigi yang mengundang berkumpulnya bakteri dan mengakibatkan pengasaman pada mulut. Bau mulut ini disebabkan karena kita kurang menjaga kebersihan mulut. Untuk itu mari kita simak terlebih dahulu penyebab bau mulut tersebut.

Penyebab:
- Biasanya bau mulut diakibatkan karena kita kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut kita.
- Terdapat bakteri yang ada dalam mulut.
- Kurang bersihnya lidah.
- Banyak diam ternyata juga menjadi penyebab bau mulut.
- Gigi yang keropos atau berlubang.
- Terdapat radang lidah.
- Terdapat infeksi pada gusi.
- Sebelum tidur tidak gosok gigi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab bau mulut di atas, usahakan untuk mangatasi dahulu penyebab-penyebab bau mulut di atas tersebut. Seperti jika anda mengalami gigi berlobang segeralah ke dokter gigi untuk menutup lobang tersebut atau dapat juga di cabut. Sebetulnya jika kita dapat merawat gigi dan daerah mulut dengan bersih selalu, maka bau mulut tidak akan terjadi pada anda.

Menyikat gigi juga harus ada caranya tersendiri, usahakan sikat gigi anda dengan anjuran-anjuran dokter gigi yang sudah di terapkan pada masyarakat. Hal tersebut dapat membersihkan gigi dari kotoran dan bakteri yang ada dalam gigi anda. Sehingga gigi anda selalu sehat dan bersih selalu.

Jangan lupa juga selalu membersihkan lidah dan langit-langit pada mulut anda agar tidak menyebabkan bau mulut. Hal ini perlu sebab bagian tersebut akan mudah membuat mulut anda bau. Cara membersihkannya dengan alat pembersih lidah yang ada pada pasaran saat ini. Atau anda juga dapat membersihkannya dengan kumur-kumur.

Cara mengatasi bau mulut :
- Pastikan kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut dengan menggosok gigi tiga kali sehari, pada pagi, sore dan malam hari sebelum tidur. Jika perlu, berkumurlah dengan cairan antiseptik untuk memastikan bakteri anaerob tak berkembang biak selama Anda beristirahat.
- Jangan lupa menyikat lidah, permukaan lidah yang tidak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana. Usahakan sesering mungkin minum air putih. Hindari minum kopi karena akan memperparah keadaan. Ada baiknya pula untuk mempertimbangkan menghentikan kebiasaan merokok, karena bau racun rokok akan senantiasa menetap.
- Mengunyah permen karet bebas gula bisa membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama bagi mereka yang memiliki saliva yang kental.
- Kunjungi dokter gigi. Mungkin ada gigi yang berlubang, ada karang gigi, atau masalah kesehatan mulut dan gigi Anda.

Sumber : http://tipsku.info/mengatasi-bau-mulut/

No comments:

Post a Comment